LAPORAN HASIL PENGAMATAN KONDISI BUKU
Nama Pengamat : (Reyner Joseph. T)
Kelas 9C)
Tanggal Pengamatan : (31/07/2025)
Tempat Pengamatan : Perpustakaan / Kelas / Ruang Buku
Waktu Pengamatan : (10.42)
A. Tujuan Pengamatan
Untuk mengetahui kondisi buku-buku yang ada, baik yang rusak maupun yang masih dalam kondisi baik (tidak rusak), agar dapat dilakukan perawatan atau penggantian bila diperlukan.
B. Alat dan Bahan
Daftar inventaris buku
Form pengamatan
Alat tulis
Kamera (jika diperlukan untuk dokumentasi)
---
C. Prosedur Pengamatan
1. Mengamati kondisi fisik setiap buku satu per satu.
2. Mencatat judul buku, jenis kerusakan, dan jumlah buku rusak maupun tidak rusak.
3. Mengelompokkan buku berdasarkan kondisinya.
4. Membuat rekapitulasi data.
D. Hasil Pengamatan
No Judul Buku Jumlah Buku Kondisi Rusak Kondisi Baik
1 Bahasa Indonesia Kelas 5 10 3 7
2 Matematika Kelas 6 8 1 7
3 IPA Kelas 4 12 2 10
4 IPS Kelas 5 9 0 9
5 Pendidikan Pancasila 10 4 6
Total Buku Diamati: 49
Total Buku Rusak: 10
Total Buku Tidak Rusak: 39
E. Kesimpulan
Berdasarkan pengamatan, sebagian besar buku masih dalam kondisi baik dan dapat digunakan. Namun terdapat beberapa buku yang mengalami kerusakan seperti sobek, halaman lepas, dan sampul rusak. Diperlukan perawatan atau penggantian buku yang rusak agar tidak mengganggu proses pembelajaran.
Buku yang rusak ringan sebaiknya segera diperbaiki.
Perlu diadakan pelatihan cara merawat buku kepada siswa.
Disarankan menyimpan buku di tempat yang kering dan bersih agar tidak cepat rusak.
Jika kamu ingin menyesuaikan jumlah buku, judul, atau tempat pengamatan, tinggal ubah saja bagian tabel dan isian di atas. Mau versi lebih ringkas juga bisa.
Komentar
Posting Komentar