Laporan hasil pengamatan buku yang rusak dan tidak rusak

 LAPORAN HASIL PENGAMATAN KONDISI BUKU




Nama Pengamat : (Reyner Joseph. T) 


Kelas 9C)


Tanggal Pengamatan : (31/07/2025)


Tempat Pengamatan : Perpustakaan / Kelas / Ruang Buku


Waktu Pengamatan : (10.42)




A. Tujuan Pengamatan




Untuk mengetahui kondisi buku-buku yang ada, baik yang rusak maupun yang masih dalam kondisi baik (tidak rusak), agar dapat dilakukan perawatan atau penggantian bila diperlukan.



B. Alat dan Bahan




Daftar inventaris buku




Form pengamatan




Alat tulis




Kamera (jika diperlukan untuk dokumentasi)








---




C. Prosedur Pengamatan




1. Mengamati kondisi fisik setiap buku satu per satu.






2. Mencatat judul buku, jenis kerusakan, dan jumlah buku rusak maupun tidak rusak.






3. Mengelompokkan buku berdasarkan kondisinya.






4. Membuat rekapitulasi data.


D. Hasil Pengamatan




No Judul Buku Jumlah Buku Kondisi Rusak Kondisi Baik




1 Bahasa Indonesia Kelas 5 10 3 7


2 Matematika Kelas 6 8 1 7


3 IPA Kelas 4 12 2 10


4 IPS Kelas 5 9 0 9


5 Pendidikan Pancasila 10 4 6






Total Buku Diamati: 49


Total Buku Rusak: 10


Total Buku Tidak Rusak: 39


E. Kesimpulan

Berdasarkan pengamatan, sebagian besar buku masih dalam kondisi baik dan dapat digunakan. Namun terdapat beberapa buku yang mengalami kerusakan seperti sobek, halaman lepas, dan sampul rusak. Diperlukan perawatan atau penggantian buku yang rusak agar tidak mengganggu proses pembelajaran.

Buku yang rusak ringan sebaiknya segera diperbaiki.

Perlu diadakan pelatihan cara merawat buku kepada siswa.

Disarankan menyimpan buku di tempat yang kering dan bersih agar tidak cepat rusak.

Jika kamu ingin menyesuaikan jumlah buku, judul, atau tempat pengamatan, tinggal ubah saja bagian tabel dan isian di atas. Mau versi lebih ringkas juga bisa.

Komentar